Pesan

SELAMAT DATANG..........

Selasa, 04 Oktober 2011

DIKUASAI OLEH PIMPINAN TUHAN (1 Samuel 16)


Pendahuluan :  
Beberapa bulan yang lalu  mungkin kita semua telah mendengar apa yang terjadi dengan kota kita. Ada perselisihan mengenai siapa yang layak menjadi pemimpin kota kita. Ini slah satu bukti bahwa setiap orang memerlukan pemimpim. Tidak hanya kota ini dalam rumah tangga laki juga disebut pemimpin. Kenapa harus ada pemimpin? Salah satunya supaya ada pengatur, pelindung. Seorang pemimpim harus mampu menguasai orang2 yang dipimpinnya, dan pengikut harus membiarkan dirinya dikuasai dengan catatan pemimpin yang benar yang kita ikuti. Nah begitu juga dengan kita sebagai orang percaya. Kehidupann kita sebagai orang percaya hendaklah senantiasa dikuasai oleh Roh Tuhan karena Tuhanlah pemimpin sejati kita
Kalau kita dikuasai oleh pemimpin yang benar maka kita akan mendapatkan kesejahteraan, kedamaian, kesenangan, dll, tp sulit untuk kita menemukan hal ini, nah Apa yang terjadi ketika kehidupan kita dikuasai oleh Roh Tuhan.

Isi        :
1.      Ia  akan semakin dikasihi
Alkitab mengatakan Daud dikasihi oleh saul, Yonatan, dan semakin hari semakin banyak yang mngasihinya. Lukas 2:52 mengatakan bahwa Yesus juga semakin hari semakin dikasihi oleh Allah dan manusia. Betapa bahagianya kalau kita dikasihi oleh banyak orang.
Dan ini juga yang seharusnya terjadi dalam kehidupan kita, apakah banyak orang yang suka dengan kebreradaan kita/mengasihi kita, atau malah banyak orang yang menjauhi kita dan tidak mau kita berada di dekat mereka.
Dunia mengajarkan kita bila mau/hendak dikasihi kita harus memiliki kakayaan dulu, sehingga muncul banyak uang banyak teman. Tetapi hal ini tidak berlanjut karena apabila uangnya habis orang2 juga akan meninggalkannya.

Ilustrasi: saya memiliki seorang teman, dia orang yang cukup berada. Hampir apa yang ia inginkan ia peroleh apa saja yang ia minta akan diberikan. Sehingga banyak orang ingin berteman dengannya. Tetapi blkangan ini ia berkata bahwa banyak dari tman2nya hanya melihat kekayaannya bukan sunguh2. Ketika masalah menimpanya tidak ada satupun orang yang mau menolonya. Orang2 itu malah pergi meninggalkannya.

Itulah kasih orang2 jaman akhir, tetapi bila kita dikuasai oleh Roh Allah, orang2 akan mengasihi kita dengan tulus hati dan tidak mencari keuntungan di balik kasih yang diberikan. Karena kita orang yang berbeda.

2.      Ia akan Penuh dengan kuasa. (16:23)
Ketika saul diganggu roh jahat Daudlah yang mengusirnya dengan permainan kecapinya. Daud penuh dengan kuasa Tuhan sehingga roh jahat undur ketika Daud memainkan kecapinya. Kenapa sebenarnya kita harus penuh dengan kuasa dari pada Allah “Efesus 6:12 berkata: karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” Dengan kekutan kita, kita tidak mungkin bisa mengalahkan kuasa jahat. Karena iblis lebih pintar dari manusia.  Hanya dengan kuasa Allah, kuasa jahat bisa dikalahkan.
Iklan Jarum. Si jahat lebih pintar dari manusia
Hanya kuasa Tuhan yang mampu mengalahkan tipu muslihat dari si jahat. Jadi mari kita berikan diri kita untuk dikuasai oleh Allah sehingga kuasa si jahat dapat dikalahkan.
3.      Kehidupannya akan dipimpin oleh Tuhan
Ketika menghadapi Goliat, semua orang telah ciut nyalinya, bahkan dikatakan pasukan Israel lari ketika melihat Goliat. Daud yang sudah penuh dengan Roh Allah percaya kehidupannya dipimpin oleh Tuhan, kalo Tuhan memampukan dia menaklukkan serigala dan beruang, masakah Tuhan tidak memampukannya menghadapi Goliat. akhirnya Daudpun menghadapinya.
Orang yang hidup dipimpin oleh Roh Tuhan ini tidak mudah, karena ia berbeda dengan yang lain, sehingga godaan untuk ia tidak melangkah pastilah banyak. Karena kita orang berkata tidak mungkin Tuhan berkata mungkin, ketika orang berkata tidak bisa Tuhan berkata itu bisa.
Ilustrasi: mengenai pembangunan gereja, orang menganggap bahwa tidak mungkin gereja bisa terbangun, untuk apa gereja sebesar itu? Tapi bagi pemimpin gereja tidak ada yang tidak mungkin.
4.      Orang tersebut akan menjunjung tinggi kebenaran Tuhan.
Daud memiliki beberapa kali kesempatan untuk membunuh Saul tetapi dia tidak melakukannya. Sebagai manusia Daud tentu ingin membunuh Saul tapi ia memegang kebenaran Tuhan di atas hidupnya sehingga ia berkata “lalu berkatalah ia kepada orang-orangnya: "Dijauhkan Tuhanlah kiranya dari padaku untuk melakukan hal yang demikian kepada tuanku, kepada orang yang diurapi TUHAN, yakni menjamah dia, sebab dialah orang yang diurapi TUHAN."
Menjunjung kebenara Tuhan adalah tugas semua kita orang percaya, dan porsinya semuanya sama. Bukan pdt saja yang harus melakukannya, tatapi kita yang menjadi jemaat tidak perlu melakukannya.
Ilustasi: Kerusuhan Poso-Willy diminta untuk menyangkal Tuhan tetapi ia tidak mau.
Zaman sekarang banyak orang yang meninggalkan Tuhan demi pacar, pekerjaan, karir. Hanya orang yang dikuasai oleh Roh Tuhan yang mampu menghidupi kebenaran Tuhan.
Maukah hidup kita lebih baik hari ini, mari biarkan Tuhan menguasai kehidupan kita secara sepenuhnya. Kita menyerahkan segala persoalan kita kepada Tuhan dan kita terus memandang kepadanya serta berpengharapan kepada-Nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar